ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR IPA YANG RAMAH ANAK DAN BERPIKIR KREATIF CALON GURU SD MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HUMANISTIK BERBASIS HUMANISTIK TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

  • Rosmalah Rosmalah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Teaching Skills, Creative Thinking, Humanism Learning Model, IPA, Learning Technology

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains merupakan bidang studi yang umumnya dianggap sulit oleh para siswa (Pelajar) dan mahasiswa. Berbagai penelitian telah dilakukan oleh para peneliti untuk mengatasi kesulitan itu. Namun, hasilnya sampai sekarang bidang studi IPA masih tetap dianggap sulit.  Rupanya, penelitian selama ini umumnya melihat sisi peserta didik atau siswanya. Dengan kata lain, umumnya peneliti meneliti peserta didik atau siswa. Jarang peneliti yang mencoba melihat sisi Pendidik atau Gurunya. Padahal, mungkin saja sulitnya pelajaran IPA selama ini di karenakan rendahnya kemampuan pendidik atau guru IPA dalam mentringger kemampuan peserta didik untuk menguasai IPA. Salah satu penyebab sulitnya memahami IPA adalah adanya guru IPA yang kurang ramah dalam mengajarkan IPA dan kurangnya keterampilan berfikir kreatif peserta didik yang mempelajari IPA itu. Terlihat bahwa para calon guru SD yang nantinya akan mengajarkan mata pelajaran IPA atau tema ke-IPA-an harus dibekali keterampilan mengajar yang ramah dan keterampilan berfikir kreatif agar dapat mengantarkan para siswa mencintai IPA atau tema ke-IPA-an secara khusus dan mengakses keterampilan berfikir kreatif para siswa yang di ajarnya yang selanjutnya akan mengakses kemampuan siswa dalam menguasai bidang studi IPA atau tema-tema ke-IPA-an. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang persentas tingkat keterampilan mengajar yang ramah dan keterampilan berfikir kreatif serta mengetahui bagaimana keefektifan implementasi model pembelajaran humanitis berbasisi teknologi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan belajar yang ramah dan keterampilan berfikir kreatif calon gurub SD. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa kelas 26C Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar IPA FIP UNM Kampus IV Bone, Jumlah subyek adalah 24 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen yang di desain “One Group Pretest-Posttest” . Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Rata-rata persentase tingkat pencapaian keterampilan mengajar IPA ramah anak dan keterampilan berfikir kreatif calon guru SD Prodi PGSD FIP Universitas Negeri Makassar kampus VI Bone adalah masing-masing 29.4% dan 42.97 %. Dapat dikatakan bahwa Model Pembelajaran Humanistis berbasisi teknologi pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan mengajar IPA yang ramah anak dan keterampilan berfikir kreati calon guru SD Prodi PGSD Bone FIP Universitas Negeri Makassar.

References

AECT Task Force on Definition and Terminology. (1977). The definition of educational technology. Association for Educational Communications and Technology.
Baer, J. (2014). Creativity and divergent thinking: A task-specific approach. Psychology Press.
Fisher, R. (2013). Teaching thinking: Philosophical enquiry in the classroom. A&C Black.
Harris, R. (2000). Criteria for evaluating a creative solution. Tersedia: http://www. virtualsalt. com/creative. htm.[Maret 2011].
Costa, A. L. (2001). Developing minds: A resource book for teaching thinking. Association for Supervision and Curriculum Development, 1703 N. Beauregard St., Alexandria, VA 22311-1714 (ASCD stock no. 101063; member price $32.95, nonmember price $39.95).
Rofi’uddin, A. (2000). Model pendidikan berpikir kritis-kreatif untuk siswa sekolah dasar. Majalah Bahasa dan Seni, 1(28), 72-94.
Spector, J. M., Merrill, M. D., Elen, J., & Bishop, M. J. (Eds.). (2013). Handbook of research on educational communications and technology. Springer Science & Business Media.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning in elementary schools. Education 3-13, 43(1), 5-14.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children.
Rachmawati, Y. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Prenada Media.
Yulianto, A. (2016). Pendidikan Ramah Anak Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 137-156.
Published
2020-08-17
How to Cite
Rosmalah, R. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR IPA YANG RAMAH ANAK DAN BERPIKIR KREATIF CALON GURU SD MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN HUMANISTIK BERBASIS HUMANISTIK TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 2(2), 79-91. https://doi.org/10.0906/klasikal.v2i2.61