EKOLITERASI SISWA MELALUI KEGIATAN PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS GROUP INVESTIGATION di SMAN 1 MOYO UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Diah Wardaniah Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Indah Dwi Lestari Universitas Samawa, Sumbawa Besar
  • Eryuni Ramdhayani Universitas Samawa, Sumbawa Besar
Keywords: Ekoliterasi, Pengelolaan Sampah, Group Investigation (GI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekoliterasi siswa setelah melakukan kegiatan pengelolaan sampah berbasis group investigation di SMAN 1 Moyo Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari pengamatan menunjukkan ekoliterasi siswa masih rendah. Hal ini terlihat dari sikap ketidakpedulian siswa terhadap lingkungan sekolah yang ditunjukkan dengan perilaku masih banyaknya siswa yang membuang sampah sembarangan, terdapat sampah berserakan di dalam dan di luar kelas.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, metode ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai ekoliterasi siswa melalui kegiatan pengelolaan sampah berbasis group investigation di SMAN 1 Moyo Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 secara mendalam dan komprehensif. Subyek penelitian ini adalah kelas X-MIA 2 yang terdiri dari 32 responden. Data yang digunakan ialah data primer dan sekunder yang diperoleh dari tekhnik obseevasi, wawancara dan kuisioner (angket). Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekoliterasi siswa setelah melakukan kegiatan pengelolaan sampah berbasis group investigation di SMAN 1 Moyo Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 dikategorikan cukup, hal tersebut terlihat dari indikator pengetahuan siswa dikategorikan baik sebanyak 28 responden (90%), indikator kesadaran siswa dikategorikan cukup terlihat pada jawaban ‘selalu’ sebanyak 15 responden (41%), ‘jarang’ sebanyak 8 responden (27%), kadang-kadang sebanyak 5 responden (17%), tidak pernah sebanyak 4 responden (15%), dan aplikasi siswa dikategorikan cukup sebanyak 17 responden (52%). Serta hasil lembar observasi dari kegiatan tersebut dikategorikan cukup. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan siswa SMA Negeri 1 Moyo Utara agar tetap menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan. Manfaat dari pentingnya pengelolaan sampah dapat mewujudkan pribadi yang sehat dan lingkungan yang bersih.

References

Capra, F. (2002). Jaring-Jaring Kehidupan. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Lickana, T. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter : Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Permadi, Guruh. (2011). Menyulap Sampah Jadi Rupiah. Surabaya: Mumtaz Media

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2013. 2005. Bandung: Nuansa Ilmu.

Supritana, N. (2016). Ecopedagogy: Membangun kecerdasan ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Zulkifli, Arif. (2014). Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Salemba Teknika

Published
2019-12-13
How to Cite
Wardaniah, D., Lestari, I., & Ramdhayani, E. (2019). EKOLITERASI SISWA MELALUI KEGIATAN PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS GROUP INVESTIGATION di SMAN 1 MOYO UTARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 1(2), 32-37. https://doi.org/10.0906/klasikal.v1i2.32